Selasa, 16 Desember 2014

Agama itu Kedamaian, Sebarkanlah Ketentraman

Agama itu Kedamaian, Sebarkanlah Ketentraman


Saat kita menyebut nama Islam di dunia barat, akan terkesan dimata orang awam mereka pengidentikan kata Islam itu dengan teroris. Pada hari ini banyak pergerakan ataupun organisasi yang beranggotakan orang-orang Islam tetapi telah membuat kepanikan di banyak belahan dunia. Kita akan berkata bahwa orang-orang itu mengatasnamakan Islam tetapi tidak melakukan apa yang sebenarnya diajarkan Islam, tetapi dari sudut pandang mereka, mereka telah melakukan kebenaran yang memang dianjurkan Islam sehingga mereka rela mati demi mencapai tujuannya.

Banyak pihak yang telah berupaya untuk memperbaiki nama baik Islam apalagi setelah tragedi WTC, namun sememangnya dunia sangat menggemari hal-hal yang heboh, sehingga hal-hal amal yang dilakukan oleh umat Islam selalu terpinggirkan dan mendapat porsi yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan berita-berita seputar aksi peperangan ataupun penyerangan yang melibatkan orang-orang Islam.

Jika kita melihat keadaan pada hari ini, terutama isu tentang ISIS (sekarang lebih dikenal IS) yang berarti Islamic State yang mencaplok wilayah Iraq dan Suriah, maka dunia Barat akan serta merta membayangkan aksi terorisme yang mereka lakukan serta keinginan mereka untuk menguasai beberapa kawasan yang berada dekat dengan Iraq dan Suriah atau bahkan kenegara yang letaknya jauh dari pusat IS tetapi berpenduduk Islam.

Bagi para pengikut IS mereka tentu melakukan hal yang benar, Jihad menurut mereka. Jelas sekali nama organisasi/kelompok/negara mereka yang membawa embel-embel Islam. Mereka bercita-cita menegakkan kembali system kekhalifahan yang pernah terjadi pada kisaran abad 8-15-20 Masehi lalu ataupun cita-cita sederhana mereka adalah membubarkan pemerintahan yang dibentuk oleh Amerika Serikat di Iraq saat ini. Bagi barat mereka adalah teroris, bagi para pengikut IS mereka sendiri adalah pahlawan yang sedang berupaya memerdekakan bangsa mereka.

Agama itu Kedamaian, Sebarkanlah Ketentraman

Iraq yang selalu menjadi pusat perhatian dunia pada abad 20 ini sebenarnya pernah mengalami agresi yang serupa beberapa ratus tahun yang lalu, saat itu mereka mendapat gempuran dari Mongol hingga akhirnya mereka berhasil menghapus pengaruh Mongol walaupun Baghdad sempat porak-poranda akibat gempuran negara Asia Tengah itu. Kini mereka tengah berjuang melepas pengaruh Amerika yang telah menduduki negeri mereka, maka mereka merasa wajib untuk membebaskan Iraq dari tangan penjajah persis seperti apa yang pernah mereka lakukan pada saat dikuasai Mongol.

Berita tentang keberadaan IS ini telah membuat negara barat menjadi sangat gemas. Amerika yang awalnya menyangka setelah Saddam Hussein ditumbangkan dari tampuk kepemimpinan Iraq akan dapat menjaga stabilitas di negara tersebut ternyata telah keliru. Buktinya setelah Saddam Hussein meninggal, ISIS pun terbentuk dan sekarang telah menjadi sebuah kekuatan baru di Iraq dan Suriah.

Perbedaan sudut pandang antara Barat dan IS ini bagaimanapun akan membawa dampak bagi masyarakat barat yang kurang mengenal Islam, dengan begini mereka akan terus mengidentikkan Islam dengan teroris. Hal ini bukan isapan jempol belaka, banyak sudah perkumpulan yang mengatasnamakan “anti Islam” yang terbentuk, bahkan baru-baru ini yang baru terjadi adalahn aksi yang terbentuk di Jerman yaitu, Pegida (Patriotische Europäer Gegen die Islamisierung des Abendlandes) jika diterjemahkan terlebih kurang seperti ini (Patriot Eropa yang anti Islamisasi di Dunia Barat/Eropa).

Grup ini telah membuat heboh masyarakat dunia, bagaimana mungkin sebuah negara yang dulunya anti Yahudi bisa berbalik arah menjadi negara yang anti Islam. Apakah ini generasi Nazi baru? Entahlah. Bagaimanapun aksi mereka ini telah mencoreng ketenangan Islam. Masyarakat Islam yang berada di Eropa tentunya mulai merasakan dampak dari aksi ini. Jika aksi ini meluas hingga kenegara-negara lain yang berdekatan dengan Jerman tentunya akan menjadi sebuah permasalahan tersendiri terkait isu “diskriminasi”, bukankah Eropa sendiri yang mengaku sebagai guru demokrasi? Mengapa malah menjadi Benua yang melakukan diskriminasi yang tak berasalan?

Agama itu Kedamaian, Sebarkanlah Ketentraman


Kelompok-kelompok anti Islam membenarkan aksi mereka menentang Islam karena banyak orang Islam saat ini tertuduh sebagai teroris. Ada baiknya diperhitungkan benar-benar ada berapa banyak aksi terror yang dilakukan orang Islam terhadap orang asing di abad 20-21 ini jika dibandingkan aksi terror tentara Israel dan Amerika sendiri? setidaknya aksi terror orang-orang Islam mereka lakukan di negara mereka sendiri, sedangkan Israel dan Amerika jelas melakukan agresi kenegara-negara yang mereka anggap sarang teroris.

Telah banyak pelajaran yang didapat dari masa lalu, sebenarnya kekerasan sama sekali tak dapat menghentikan kekerasan. Akan ada dendam yang terus terpendam dan menyebabkan kekerasan itu kembali terjadi di masa depan. Pertempuran antara kelompok-kelompok Islam di Timur Tengah dengan maksud penegakan sistem pemerintahan yang lebih baik akan terus berdampak pada perpecahan sesama mereka, yang menyebabkan dunia barat semakin mudah untuk ikut campur urusan dalam negeri mereka, ingatlah “Devide et Impera” terkadang mereka tak perlu bersusah payah memecah belah, karena seringkali kelompok-kelompok itulah yang memecah belah mereka sendiri.

Agama itu Kedamaian, Sebarkanlah Ketentraman

Apa yang terjadi di Timur Tengah hari ini persis seperti apa yang terjadi di Asia Tenggara pada suatu masa lalu, namun dampak yang terjadi di Timur Tengah ini tentunya lebih besar dari apa yang terjadi di Asia Tenggara. Karena disanalah Tiga agama Samawi lahir, disanalah pengkajian tentang Agama dibahas dengan sangat serius, ketiga Agama yang berpusat di Timur Tengah itu telah menyebar keseluruh antero dunia, ironisnya pesan perdamaian yang dibawa oleh ketiga agama telah menuai benih permusuhan hampir keseluruh pelosok dunia, rasa curiga dan was-was ini telah membawa dunia dalam keadaan yang semakin memprihatinkan.

Semoga Indonesia dapat menyikapi keadaan Timur Tengah hari ini dengan lebih mendalam. Kita masih berharap akan tegak keadilan dimuka bumi ini. Agama itu mengajarkan kita kedamaian bukan kebencian. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang tengah terjadi didunia sekarang ini. Semoga kita bisa menarik kesimpulan atas apa yang terjadi ini dengan bijak, bukan ikut-ikutan tanpa alasan.

Terikmakasih telah membaca artikel Agama itu Kedamaian, Sebarkanlah Ketentraman (Zulfahri A.)

1 komentar:

  1. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus